Olimpiase Sains Nasional: 763 Mahasiswa Gorontalo Bersaing Menjadi yang Terbaik

GORONTALO – Sebanyak 763 mahasiswa Gorontalo ikut besaing menjadi yang terbaik pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 tingkat Provinsi Gorontalo, Kamis (15/10). Olimpiade yang gelar setiap tahun tersebut nantinya akan memilih mahasiswa terbaik dalam 4 bidang ilmu yakni biologi, matematika, kimia dan fisika untuk mewakili Provinsi Gorontalo di ajang OSN Pertamina 2015 Tingkat Nasional.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, selaku panitia pelaksana ditingkat Prov. Gorontalo menjelaskan, jumlah peserta yang berpartisipasi pada OSN tahun ini mengalami peningkatan yang sangat pesat dibadingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut dibuktikan dengan membludaknya jumlah peserta yang sebelumnya hanya ditargetkan sebanyak 500 peserta saja.

“Peningkatan peserta adalah bukti mahasiswa Gorontalo siap untuk bersaing sebagai yang terbaik dalam berbagai kompetisi untuk mengharumkan nama Gorotalo. Dan semangat ini tentunya harus senantiasa dijaga melalui ajang semacam ini,” ungkap Evi.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Gorontalo dalam sambutannya mengatakan, olimpiade yang tiap tahunya digelar pertamina memiliki beragam manfaat. Tidak hanya memotivasi mahasiswa dalam berprestasi dan belajar lebih giat, namun juga sebagai motivasi Perguruan Tinggi dalam mempersiakan mahasiswa sesuai dengan standar nasional.

“Ajang ini sebagai cermin bagi perguruan tinggi di Gorontalo tentang sejauh mana daya komptetitif kita terhadap persaingan ditingkat Nasional,” terang Rektor.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga meminta kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kompetisi ini dengan sungguh-sungguh dengan selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran.

“Selamat datang di UNG dan selamat berkompetisi untuk seluruh peserta, jadikan ajang ini sebagai pembuktian bahwa mahasiswa Gorontalo dapat bersaing dalam mencetak prestasi membanggakan,” pungkas Rektor. (wahid)

Penelitian
  • Model Matematika Pertumbuhan Populasi: Dinamika model Populasi dengan Pemanenan Proposional oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas VIII SMP/MTs Semester Ganjil oleh Nurhayati Abbas \ detail
  • Tracer Study: Kajian Profil Lulusan dan Relevansi Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2010-2014 oleh Nurwan \ detail
  • Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi oleh Khardiyawan A. Y. Pauweni \ detail
  • Analisa Penentuan Harga Opsi Asia dengan Metode Monte Carlo Teknik Reduksi Variansi oleh Emli Rahmi \ detail
  • Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Lerning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa oleh Majid \ detail
  • Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Materi Integral dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Jurusan Matematika oleh Sumarno Ismail \ detail
  • Model Matematika Pertumbuhan Populasi: Dinamika Model Populasi dengan Pemanenan Proposional oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Di Kabupaten Gorontalo Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem oleh Evi P. Hulukati \ detail
  • Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Matematik Siswa Sekolah Dasar oleh Sarson W. Pomalato \ detail
Pengabdian
  • PENDAMPINGAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ALAT PERAGA DI KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Nurhayati Abbas \ detail
  • Implementasi Pemanfaatan & Pengembangan Alat Peraga Matematika Bagi Guru SD di Desa Limbato Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo oleh Evi P. Hulukati \ detail
  • Penerapan Jari Magic Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Peningkatan Pemahaman Dasar Matematika Di Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo oleh Majid \ detail
  • Pemanfaatan Media Limbah Rumah Tangga Untuk Konsep Bangun Ruang Dalam Perhitungan Matematika Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Desa Parungi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo oleh Kartin Usman \ detail
  • PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MANUAL MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD SE KECAMATAN ATINGGOLA oleh Yus Iryanto Abas \ detail
  • IBM KELOMPOK GURU MATEMATIKA SMP/MTS SWASTA BINAAN YAYASAN DAN SMP SATU ATAP SE KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA YANG MENGALAMI KESULITAN DALAM VISUALISASI OBJEK-OBJEK MATEMATIKA oleh Sumarno Ismail \ detail
  • Pendampingan Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Pelatihan Pengembangan Media Interaktif di Desa Botuwombato Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara oleh Resmawan \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif berbasis PowerPoint bagi Guru-Guru SMP/MTs se-Kecamatan Kwandang oleh Resmawan \ detail