Pendidikan Matematika

Program Studi S1 Pendidikan Matematika merupakan Program Studi tertua yang ada di Jurusan Matematika FMIPA UNG. Prodi ini didirikan dengan visi misi sebagai berikut:

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan inovatif dalam bidang Pendidikan Matematika yang berdaya saing di kawasan Asia Tenggara tahun 2035

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, inovatif dan berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan profesional yang berdaya saing;
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dibidang pendidikan matematika yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran;
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian berupa penyebaran hasil penelitian di bidang pendidikan matematika;
  4. Menjalin kerja sama dengan pemerintah dan perguruan tinggi (dalam dan luar negeri) dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Penelitian
  • Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Lerning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa oleh Majid \ detail
  • Model Matematika Pertumbuhan Populasi: Dinamika model Populasi dengan Pemanenan Proposional oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas VIII SMP/MTs Semester Ganjil oleh Nurhayati Abbas \ detail
  • Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi oleh Khardiyawan A. Y. Pauweni \ detail
  • Tracer Study: Kajian Profil Lulusan dan Relevansi Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2010-2014 oleh Nurwan \ detail
  • Analisa Penentuan Harga Opsi Asia dengan Metode Monte Carlo Teknik Reduksi Variansi oleh Emli Rahmi \ detail
  • Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Materi Integral dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Jurusan Matematika oleh Sumarno Ismail \ detail
  • Model Matematika Pertumbuhan Populasi: Dinamika Model Populasi dengan Pemanenan Proposional oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Bifurkasi Satu Parameter pada Sistem Interaksi Nonlinear Sepasang Osilator tak Terperturbasi oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terinternalisasi Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika oleh Hamzah B. Uno \ detail
Pengabdian
  • PENDAMPINGAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ALAT PERAGA DI KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Nurhayati Abbas \ detail
  • Implementasi Pemanfaatan & Pengembangan Alat Peraga Matematika Bagi Guru SD di Desa Limbato Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo oleh Evi P. Hulukati \ detail
  • PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MANUAL MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD SE KECAMATAN ATINGGOLA oleh Yus Iryanto Abas \ detail
  • IBM KELOMPOK GURU MATEMATIKA SMP/MTS SWASTA BINAAN YAYASAN DAN SMP SATU ATAP SE KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA YANG MENGALAMI KESULITAN DALAM VISUALISASI OBJEK-OBJEK MATEMATIKA oleh Sumarno Ismail \ detail
  • Pendampingan Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Pelatihan Pengembangan Media Interaktif di Desa Botuwombato Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara oleh Resmawan \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif berbasis PowerPoint bagi Guru-Guru SMP/MTs se-Kecamatan Kwandang oleh Resmawan \ detail