PENDIDIKAN MATEMATIKA

 

A.  Gelar Lulusan

Gelar akademik lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika adalah Sarjana Pendidikan disingkat S.Pd dan ditempatkan di belakang nama yang berhak atas gelar yang bersangkutan.

 

B.  Tujuan Program Studi

Program Studi Pendidikan Matematika bertujuan untuk:

  1. Mewujudkan sistem pengelolaan pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif dan berdaya saing;
  2. Menghasilkan berbagai jenis penelitian dibidang Pendidikan Matematika yang terpublikasi ditingkat nasional maupun internasional;
  3. Berperan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran matematika ditingkat sekolah melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan guru berbasis hasil penelitian;
  4. Membangun kerja sama dalam meningkatkan akses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan institusi dalam dan luar negeri.

 

C.  Kompetensi Lulusan

Adapun kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

  1. Kompetensi Utama adalah menjadi tenaga pengajar bidang Pendidikan Matematika.
  2. Kompetensi Tambahan adalah menjadi tenaga penganalisis data.
Penelitian
  • Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Lerning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa oleh Majid \ detail
  • Model Matematika Pertumbuhan Populasi: Dinamika model Populasi dengan Pemanenan Proposional oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas VIII SMP/MTs Semester Ganjil oleh Nurhayati Abbas \ detail
  • Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi oleh Khardiyawan A. Y. Pauweni \ detail
  • Tracer Study: Kajian Profil Lulusan dan Relevansi Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2010-2014 oleh Nurwan \ detail
  • Analisa Penentuan Harga Opsi Asia dengan Metode Monte Carlo Teknik Reduksi Variansi oleh Emli Rahmi \ detail
  • Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Materi Integral dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Jurusan Matematika oleh Sumarno Ismail \ detail
  • Model Matematika Pertumbuhan Populasi: Dinamika Model Populasi dengan Pemanenan Proposional oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Bifurkasi Satu Parameter pada Sistem Interaksi Nonlinear Sepasang Osilator tak Terperturbasi oleh Hasan S. Panigoro \ detail
  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terinternalisasi Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika oleh Hamzah B. Uno \ detail
Pengabdian
  • PENDAMPINGAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ALAT PERAGA DI KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Nurhayati Abbas \ detail
  • Implementasi Pemanfaatan & Pengembangan Alat Peraga Matematika Bagi Guru SD di Desa Limbato Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo oleh Evi P. Hulukati \ detail
  • PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MANUAL MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD SE KECAMATAN ATINGGOLA oleh Yus Iryanto Abas \ detail
  • IBM KELOMPOK GURU MATEMATIKA SMP/MTS SWASTA BINAAN YAYASAN DAN SMP SATU ATAP SE KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA YANG MENGALAMI KESULITAN DALAM VISUALISASI OBJEK-OBJEK MATEMATIKA oleh Sumarno Ismail \ detail
  • Pendampingan Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Pelatihan Pengembangan Media Interaktif di Desa Botuwombato Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara oleh Resmawan \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif berbasis PowerPoint bagi Guru-Guru SMP/MTs se-Kecamatan Kwandang oleh Resmawan \ detail